Wednesday 29 April 2015

MAKALAH BISNIS PLAN PEMBALUT HERBAL MULTIFUNGSI

Judul Rencana Bisnis
PEMBALUT HERBAL MULTIFUNGSI
A. Executive Summary
Kebanyakan orang percaya bahwa sebuah bisnis akan dianggap bagus dan menjadi besar jika mempunyai produk yang sangat berkualitas serta didukung dengan satu sistem support untuk mencapai kesuksesan. Anehnya meskipun terdapat banyak produk berkualitas dan sistem yang bagus, ternyata tidak semua bisnis dapat mengantarkan pelaku bisnisnya kepada kesuksesan.
Dewasa ini jumlah penderita penyakit kista semakin meningkat, penyakit kista sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, saat ini banyak sekali wanita yang mengalami penyakit tersebut. Kista merupakan benjolan yang berisi cairan yang terdapat pada  indung telur. Kista ini disebabkan oleh dioksin asap pabrik atau asap kendaraan bermotor. Selain itu, kista juga dapat disebabkan oleh makanan yang tidak teratur, seperti makanan yang mengandung lemak berlebihan, sehingga usus tidak dapat mencernanya dengan baik, maka timbulah penyakit kista tersebut. Ada beberapa produk herbal yang sangat unik dan banyak di butuhkan oleh banyak orang, diantaranya adalah produk pembalut Herbal Avail. Pembalut Herbal Avail mempunyai banyak manfaat untuk para wanita usia subur dan dapat mencegah berbagai macam penyakit.
Kami mempunyai target konsumen yang sangat luas, kami menargetkan seluruh wanita usia subur untuk memakai produk kami. Khususnya mahasiswa, staf dan lingkup kampus stikes karya husada Semarang. Karena kami lihat sejauh ini belum ada agen khusus untuk penjualan pembalut Herbal Avail. Untuk lebih luasnya yaitu masyarakat kota Semarang.

B. Rencana Bisnis
  1. Penjelasan singkat tentang bisnis
            Menurut penelitian IARC (International Agency for Research on Cancer) ternyata produk pembalut yang beredar di pasaran saat ini, beresiko tinggi terhadap berbagai masalah kesehatan wanita, mulai dari permasalahan nyeri haid hingga kanker. Karena bahan baku lapisan intinya terbuat dari kertas daur ulang dan pulp/serbuk kayu yang memerlukan proses pemutihan dan beberapa proses yang menggunakan berbagai bahan kimia. Tanpa disadari, zat hasil dari penggunaan bahan kimia inilah yang berbahaya, yaitu Dioxin. WHO menggolongkan Dioxin sebagai Zat Karsinogenik (pemicu kanker) kelas satu. Selengkapnya tentang penelitian dan pemberitaan berbagai media tentang hal ini bisa dilihat di artikel fakta kandungan dioxin dalam pembalut wanita. Oleh karena itu masyarakatlah yang harus berhati-hati! dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai hal ini merupakan tugas kami selaku agen Avail.                               
2.      Latar Belakang singkat bisnis
            Produk AVAIL yang Kami pasarkan, adalah inovasi fenomenal, yaitu pembalut wanita yang terbuat dari bahan baku kapas 100% (bebas zat kimia berbahaya), ditambah ramuan herbal (17 jenis herbal), dan lapisan serapan tinggi dari bahan organik (3x lebih besar daya serapnya). Mengapa Produk ini menjadi sedemikian Fenomenal, bahkan dalam majalah umum Billionaire edisi Januari 2011 ditulis (justru bukan dari orang  AVAIL): “Antara Avail, Mbah Surip dan Blue Ocean Strategi” menyatakan bahwa AVAIL adalah salah satu contoh dari BLUE OCEAN STRATEGY, yaitu Produk yang punya banyak differensiasi (keunikan) yang membuatnya tumbuh besar karena tidak terjebak pada persaingan berdarah-darah (Red Ocean). Coba bandingkan dengan produk suplemen, kopi, kosmetik, dan sebagainya yang kompetitornya bisa mencapai ratusan.
            Jutaan wanita di Indonesia saat ini (sekitar 80%) mengalami masalah antara lain: nyeri haid, keputihan, haid tidak teratur/tidak haid, kista, myom, kanker. Mereka membutuhkan solusi, dan ternyata Pembalut Avail terbukti sangat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Bukan hanya itu, ada nilai tambah dari pembalut herbal ini yaitu multifungsi, bermanfaat untuk kompres anak demam, luka, perut kembung, wasir, pegal-pegal, digigit serangga, asma dan batuk, bahkan juga membantu pria yang bermasalah dengan keperkasaannya (disfungsi ereksi). Secara prinsip, pembalut Avail bukan hanya untuk menampung darah kotor, tetapi untuk perawatan rahim, kewanitaan, dan keluarga.
Di Indonesia pemakai pembalut rutin setiap bulan ada sekitar 90 juta orang (wanita usia subur, usia 15-50 tahun). Omset pembalut di Indonesia setiap bulannya adalah 2500 milyar/bulan (Data deperindag 2008-2011). Dalam 4 tahun resmi AVAIL di Indonesia, sosialisasi AVAIL hingga saat ini menghasilkan konsumen AVAIL sekitar 900.000 orang saja (1%) dengan omset masih sekitar 25 milyar/bulan. Jadi kesempatan masih 99% pasar yang belum tergarap. Kesempatan inilah yang kami ambil untuk memperluas pengetahuan konsumen mengenai pembalut Avail.
            Apabila orang semakin paham mengenai fakta-fakta pembalut, maka dalam 5 tahun atau 10tahun ke depan, pembalut yang bagaimana yang akan banyak dicari? pembalut daur ulang kertas, ataukah pembalut kapas yang sehat?, Sudah tentu trend ke depan adalah produk pembalut sehat. Beruntung sekali produk kita adalah produk pembalut sehat yang paling diterima pasar (Brand pembalut herbal sehat berbahan kapas) sehingga yakin, ini akan menjadi Market Leader.



  1. Visi dan Misi Perusahaan
a. Visi
Menjadi pelopor usaha yang mempunyai produk ungulan multifungsi.
b. Misi
Karena kemunculan kita, lebih banyak orang akan dapat menikmati tingkat kesehatan dan kehidupan yang lebih baik
  1. Analisis SWOT Bisnis
a.       Strength (kekuatan)
·         Bahan 100% kapas (bebas zat kimia berbahaya). TIDAK serbuk kayu
atau limbah kertas
·         Kandungan herbal (17 jenis herbal)
·         Lapisan serapan tinggi (3x lebih besar daya serapnya)
·         Lapisan tahan tembus
b.      Weakness (kelemahan)
·         Masih banyak yang mengira Avail adalah produk baru.
·         Kurangnya sosialisasi
·         Harga beli sedikit lebih mahal dibanding pembalut biasa
c.       Opportunity (peluang)
·    90 juta orang (wanita usia subur, usia 15-50 tahun)
·    Baru sekitar 900.000 orang saja yang mengerti tentang Avail
·    Kesempatan masih 99% pasar yang belum tergarap
d.      Thread (ancaman)
·         Pesaing akan mulai bermunculan





5.      Struktur Organisasi
Rounded Rectangle: Manajer:
Novita Sari
 

 








  1. Analisis Pasar
                        Di Indonesia pemakai pembalut rutin setiap bulan ada sekitar 90 juta orang (wanita usia subur, usia 15-50 tahun). Omset pembalut di Indonesia setiap bulannya adalah 2500 milyar/bulan (Data deperindag 2008-2011). Dalam 4 tahun resmi AVAIL di Indonesia, sosialisasi AVAIL hingga saat ini menghasilkan konsumen AVAIL sekitar 900.000 orang saja (1%) dengan omset masih sekitar 25 milyar/bulan. Jadi kesempatan masih 99% pasar yang belum tergarap. Inilah kesempatan kita!
                        Apabila orang semakin paham mengenai fakta-fakta pembalut, maka dalam 5 tahun atau 10tahun ke depan, pembalut yang bagaimana yang akan banyak dicari? pembalut daur ulang kertas, ataukah pembalut kapas yang sehat?, Sudah tentu trend ke depan adalah produk pembalut sehat. Beruntung sekali produk kita adalah produk pembalut sehat yang paling diterima pasar (Brand pembalut herbal sehat berbahan kapas) sehingga yakin, ini akan menjadi Market Leader. Apalagi harga produknya sangat terjangkau (dibawah harga kritis masyarakat Indonesia, yaitu dibawah Rp.50.000), dan bisa dijual secara eceran. Untuk sebuah produk perawatan mahkota wanita, harga 30 ribuan adalah murah, coba bandingkan dengan biaya perawatan rambut, muka, dan kulit yang bisa mencapai ratusan ribu setiap bulannya.
  1. Analisis Produksi
                        Pembalut AVAIL merupakan pembalut yang luar biasa, yang tidak dapat ditandingi oleh pembalut biasa. Walaupun tidak ada iklannya di koran, radio maupun TV, namun spektrum kehebatannya sungguh luar biasa. Tanpa adanya iklan, justru produk ini dapat dijual dengan harga yang terjangkau. Coba anda bandingkan dengan harga jual di pasaran yang harganya cuma Rp 10.000, tapi iklannya jor-joran. Didalam harga jual ini, biaya iklan ditanggung oleh konsumen. Belum lagi margin yang harus diberikan kepada para pengecer besar hingga yang paling ujung. Hitung punya hitung, paling harga produk cuma Rp 4000,- tapi dapat banyak. Murah meriah, namun dalam jangka panjang akan menimbulkan efek yang mengerikan. Tidakkah anda mulai mencoba memikirkannya?
                        AVAIL memberikan solusi atas semua problem di atas. Dengan munculnya produk inovatif ini, ribuan bahkan jutaan wanita telah terselamatkan dari bahaya yang mengancam organ genital dan rahimnya. Produk ini mengandung sejumlah kombinasi herbal yang dimasukkan ke dalam pembalut yang terbuat dari jel dan kapas murni. Manfaat dari herbal ini adalah mencairkan dan menggelontorkan semua bakteri jahat/kuman/benang jamur yang ada pada organ genital. Akibatnya si pemakai merasa bersih, nyaman tapi tidak kering! Pada hari berikutnya, manfaat akan masuk ke dalam rahim dan mengeluarkan darah2 sisa haid yang melekat sehingga boleh jadi pada saat hari2 pertama haid darak akan keluar lebih banyak. Selama proses transisi ini akan terjadi perubahan pola atau siklus haid, yang mana pada bulan ke-2 atau ke-3 siklus akan menjadi normal kembali, namun dengan kondisi yang baru.
  1. Analisis Resiko Bisnis
                                    Dalam melakukan suatu usaha tentunya ada kehadiran dari pesaing yang mempunyai usaha yang sama, untuk mengungguli pesaing yang ada kita harus cermat dalam memperhatikan strategi pasar serta produk yang dihasilkan oleh pesaing. Dalam kedai bugar ini kami memproduksi berbagai macam varian buah segar yang disajikan dalam bentuk es dan sate buah. Untuk membedakan dengan yang lain es buah kami di berikan berbagai macam toping dan pada menu sate buah dilumuri dengan coklat.
  1. Strategi Bisnis
Strategi marketing perusahaan adalah merangkul konsumen agar bisa mengenal produk perusahaan yang mempunyai multifungsi. Peluang usaha yang luar biasa luasnya, tidak akan habis dan terputus. Bagaimana mau terputus, selama di dunia ini masih ada wanita, maka kebutuhan akan pembalut tidak akan berhenti. Yang dewasa masuk usia menopause, yang remaja masuk dewasa, yang anak2 masuk menjadi remaja dan semuanya pasti mengalami HAIDH! Berapa persen yang sehat dan bersih? Taksiran penulis, kurang dari 10 %. Sisanya berpenyakit, dari yang ringan sampai yang berat.
                        Perkiraan jumlah penduduk se-JABODETABEK sekitar 25 juta. Jumlah wanitanya sekitar 60% atau 15 juta. Anggap saja 5 juta adalah anak2 dan yang sudah menopause, maka jumlah wanita yang masih haidh adalah 10 juta. Jika setiap orang belanja pembalut Rp 10.000/bulan, maka omzet penjualan pembalut adalah : 10 juta x Rp 10.000 = 100 Milyar. Dalam setahun : 100 M x 12 = 1200 M atau 1,2 T. Dengan deviasi 10 % saja, maka omset bisa mencapai 1,08 Trilyun.
10.  Proyeksi keuangan dan sumber pendanaan
N0
Nama barang
Jumlah
Harga satuaan
Harga per paket
1.
Avail Pantyliner
10 pack
32.000
300.000
2.
Avail day-use
10 pack
40.000
370.000
3.
Avail night
10 pack
42.000
400.000
4.
Paket kombinasi
Masing-masing pack isi 3
-
300.000






















11.  Rencan Aktivitas dan Pendanaan
Kegiatan
Jadwal Pelaksanaan
(Bulan April)
1
2
3
4
1.      Survey Pasar



2.      Menyusun Rancangan Usaha



3.      Perijinan



4.      Survey tempat



5.      Survey Mesin dan Peralatan



6.      Pemasanga Sarana Penunjang



7.      Mencari tampat kerja



8.      Uji coba produksi



9.      Operasional


































12.  Lampiran

No comments:

Post a Comment