Judul Rencana Bisnis
PEMBALUT HERBAL MULTIFUNGSI
A. Executive Summary
Kebanyakan orang percaya bahwa sebuah bisnis akan
dianggap bagus dan menjadi besar jika mempunyai produk yang sangat berkualitas
serta didukung dengan satu sistem support untuk mencapai kesuksesan. Anehnya
meskipun terdapat banyak produk berkualitas dan sistem yang bagus, ternyata
tidak semua bisnis dapat mengantarkan pelaku bisnisnya kepada kesuksesan.
Dewasa ini jumlah penderita penyakit kista semakin
meningkat, penyakit kista sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, saat ini banyak
sekali wanita yang mengalami penyakit tersebut. Kista merupakan benjolan yang
berisi cairan yang terdapat pada indung
telur. Kista ini disebabkan oleh dioksin asap pabrik atau asap kendaraan
bermotor. Selain itu, kista juga dapat disebabkan oleh makanan yang tidak
teratur, seperti makanan yang mengandung lemak berlebihan, sehingga usus tidak
dapat mencernanya dengan baik, maka timbulah penyakit kista tersebut. Ada beberapa
produk herbal yang sangat unik dan banyak di butuhkan oleh banyak orang,
diantaranya adalah produk pembalut Herbal Avail. Pembalut Herbal Avail
mempunyai banyak manfaat untuk para wanita usia subur dan dapat mencegah
berbagai macam penyakit.
Kami mempunyai target konsumen yang sangat
luas, kami menargetkan seluruh wanita usia subur untuk memakai produk kami.
Khususnya mahasiswa, staf dan lingkup kampus stikes karya
husada Semarang. Karena kami lihat sejauh ini belum ada agen khusus
untuk penjualan pembalut Herbal Avail. Untuk lebih luasnya yaitu masyarakat kota
Semarang.
B. Rencana Bisnis
- Penjelasan singkat
tentang bisnis
Menurut penelitian IARC
(International Agency for Research on Cancer) ternyata produk pembalut yang
beredar di pasaran saat ini, beresiko tinggi terhadap berbagai masalah
kesehatan wanita, mulai dari permasalahan nyeri haid hingga kanker. Karena bahan
baku lapisan intinya terbuat dari kertas daur ulang dan pulp/serbuk kayu yang
memerlukan proses pemutihan dan beberapa proses yang menggunakan berbagai bahan
kimia. Tanpa disadari, zat hasil dari penggunaan bahan kimia inilah yang
berbahaya, yaitu Dioxin. WHO menggolongkan Dioxin sebagai Zat Karsinogenik
(pemicu kanker) kelas satu. Selengkapnya tentang penelitian dan pemberitaan
berbagai media tentang hal ini bisa dilihat di artikel fakta kandungan dioxin
dalam pembalut wanita. Oleh karena itu masyarakatlah yang harus berhati-hati!
dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai hal ini merupakan tugas kami
selaku agen Avail.
2.
Latar Belakang singkat bisnis
Produk AVAIL yang Kami pasarkan,
adalah inovasi fenomenal, yaitu pembalut wanita yang terbuat dari bahan baku
kapas 100% (bebas zat kimia berbahaya), ditambah ramuan herbal (17 jenis
herbal), dan lapisan serapan tinggi dari bahan organik (3x lebih besar daya
serapnya). Mengapa Produk ini menjadi sedemikian Fenomenal, bahkan dalam
majalah umum Billionaire edisi Januari 2011 ditulis (justru bukan dari orang AVAIL): “Antara Avail, Mbah Surip dan Blue
Ocean Strategi” menyatakan bahwa AVAIL adalah salah satu contoh dari BLUE OCEAN
STRATEGY, yaitu Produk yang punya banyak differensiasi (keunikan) yang
membuatnya tumbuh besar karena tidak terjebak pada persaingan berdarah-darah
(Red Ocean). Coba bandingkan dengan produk suplemen, kopi, kosmetik, dan
sebagainya yang kompetitornya bisa mencapai ratusan.
Jutaan wanita di Indonesia saat ini
(sekitar 80%) mengalami masalah antara lain: nyeri haid, keputihan, haid tidak teratur/tidak
haid, kista, myom, kanker. Mereka membutuhkan solusi, dan ternyata Pembalut
Avail terbukti sangat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.
Bukan hanya itu, ada nilai tambah dari pembalut herbal ini yaitu multifungsi,
bermanfaat untuk kompres anak demam, luka, perut kembung, wasir, pegal-pegal,
digigit serangga, asma dan batuk, bahkan juga membantu pria yang bermasalah
dengan keperkasaannya (disfungsi ereksi). Secara prinsip, pembalut Avail bukan
hanya untuk menampung darah kotor, tetapi untuk perawatan rahim, kewanitaan,
dan keluarga.
Di Indonesia
pemakai pembalut rutin setiap bulan ada sekitar 90 juta orang (wanita usia
subur, usia 15-50 tahun). Omset pembalut di Indonesia setiap bulannya adalah
2500 milyar/bulan (Data deperindag 2008-2011). Dalam 4 tahun resmi AVAIL di
Indonesia, sosialisasi AVAIL hingga saat ini menghasilkan konsumen AVAIL
sekitar 900.000 orang saja (1%) dengan omset masih sekitar 25 milyar/bulan.
Jadi kesempatan masih 99% pasar yang belum tergarap. Kesempatan inilah yang
kami ambil untuk memperluas pengetahuan konsumen mengenai pembalut Avail.
Apabila orang semakin paham mengenai
fakta-fakta pembalut, maka dalam 5 tahun atau 10tahun ke depan, pembalut yang
bagaimana yang akan banyak dicari? pembalut daur ulang kertas, ataukah pembalut
kapas yang sehat?, Sudah tentu trend ke depan adalah produk pembalut sehat.
Beruntung sekali produk kita adalah produk pembalut sehat yang paling diterima
pasar (Brand pembalut herbal sehat berbahan kapas) sehingga yakin, ini akan menjadi
Market Leader.
- Visi dan Misi Perusahaan
a. Visi
Menjadi pelopor
usaha yang mempunyai produk ungulan multifungsi.
b. Misi
Karena kemunculan
kita, lebih banyak orang akan dapat menikmati tingkat kesehatan dan kehidupan
yang lebih baik
- Analisis SWOT Bisnis
a.
Strength (kekuatan)
·
Bahan 100% kapas (bebas zat kimia berbahaya). TIDAK
serbuk kayu
atau limbah kertas
·
Kandungan herbal (17 jenis herbal)
·
Lapisan serapan tinggi (3x lebih besar daya serapnya)
·
Lapisan tahan tembus
b.
Weakness (kelemahan)
·
Masih banyak yang mengira Avail adalah produk baru.
·
Kurangnya sosialisasi
·
Harga beli sedikit lebih mahal dibanding pembalut biasa
c.
Opportunity (peluang)
·
90 juta orang (wanita usia
subur, usia 15-50 tahun)
·
Baru sekitar 900.000
orang saja yang mengerti tentang Avail
·
Kesempatan masih 99% pasar
yang belum tergarap
d.
Thread (ancaman)
·
Pesaing akan mulai bermunculan
5.
Struktur Organisasi
- Analisis Pasar
Di Indonesia pemakai
pembalut rutin setiap bulan ada sekitar 90 juta orang (wanita usia subur, usia
15-50 tahun). Omset pembalut di Indonesia setiap bulannya adalah 2500
milyar/bulan (Data deperindag 2008-2011). Dalam 4 tahun resmi AVAIL di
Indonesia, sosialisasi AVAIL hingga saat ini menghasilkan konsumen AVAIL
sekitar 900.000 orang saja (1%) dengan omset masih sekitar 25 milyar/bulan.
Jadi kesempatan masih 99% pasar yang belum tergarap. Inilah kesempatan kita!
Apabila orang semakin
paham mengenai fakta-fakta pembalut, maka dalam 5 tahun atau 10tahun ke depan,
pembalut yang bagaimana yang akan banyak dicari? pembalut daur ulang kertas,
ataukah pembalut kapas yang sehat?, Sudah tentu trend ke depan adalah produk
pembalut sehat. Beruntung sekali produk kita adalah produk pembalut sehat yang
paling diterima pasar (Brand pembalut herbal sehat berbahan kapas) sehingga
yakin, ini akan menjadi Market Leader. Apalagi harga produknya sangat
terjangkau (dibawah harga kritis masyarakat Indonesia, yaitu dibawah
Rp.50.000), dan bisa dijual secara eceran. Untuk sebuah produk perawatan
mahkota wanita, harga 30 ribuan adalah murah, coba bandingkan dengan biaya
perawatan rambut, muka, dan kulit yang bisa mencapai ratusan ribu setiap
bulannya.
- Analisis Produksi
Pembalut AVAIL merupakan
pembalut yang luar biasa, yang tidak dapat ditandingi oleh pembalut biasa.
Walaupun tidak ada iklannya di koran, radio maupun TV, namun spektrum
kehebatannya sungguh luar biasa. Tanpa adanya iklan, justru produk ini dapat
dijual dengan harga yang terjangkau. Coba anda bandingkan dengan harga jual di
pasaran yang harganya cuma Rp 10.000, tapi iklannya jor-joran. Didalam harga
jual ini, biaya iklan ditanggung oleh konsumen. Belum lagi margin yang harus
diberikan kepada para pengecer besar hingga yang paling ujung. Hitung punya
hitung, paling harga produk cuma Rp 4000,- tapi dapat banyak. Murah meriah,
namun dalam jangka panjang akan menimbulkan efek yang mengerikan. Tidakkah anda
mulai mencoba memikirkannya?
AVAIL memberikan solusi
atas semua problem di atas. Dengan munculnya produk inovatif ini, ribuan bahkan
jutaan wanita telah terselamatkan dari bahaya yang mengancam organ genital dan
rahimnya. Produk ini mengandung sejumlah kombinasi herbal yang dimasukkan ke dalam
pembalut yang terbuat dari jel dan kapas murni. Manfaat dari herbal ini adalah
mencairkan dan menggelontorkan semua bakteri jahat/kuman/benang jamur yang ada
pada organ genital. Akibatnya si pemakai merasa bersih, nyaman tapi tidak
kering! Pada hari berikutnya, manfaat akan masuk ke dalam rahim dan
mengeluarkan darah2 sisa haid yang melekat sehingga boleh jadi pada saat hari2
pertama haid darak akan keluar lebih banyak. Selama proses transisi ini akan
terjadi perubahan pola atau siklus haid, yang mana pada bulan ke-2 atau ke-3
siklus akan menjadi normal kembali, namun dengan kondisi yang baru.
- Analisis Resiko
Bisnis
Dalam melakukan suatu
usaha tentunya ada kehadiran dari pesaing yang mempunyai usaha yang sama, untuk
mengungguli pesaing yang ada kita harus cermat dalam memperhatikan strategi
pasar serta produk yang dihasilkan oleh pesaing. Dalam kedai bugar ini kami
memproduksi berbagai macam varian buah segar yang disajikan dalam bentuk es dan
sate buah. Untuk membedakan dengan yang lain es buah kami di berikan berbagai
macam toping dan pada menu sate buah dilumuri dengan coklat.
- Strategi Bisnis
Strategi
marketing perusahaan adalah merangkul konsumen agar bisa mengenal produk perusahaan
yang mempunyai multifungsi. Peluang usaha yang luar biasa luasnya, tidak akan habis
dan terputus. Bagaimana mau terputus, selama di dunia ini masih ada wanita, maka
kebutuhan akan pembalut tidak akan berhenti. Yang dewasa masuk usia menopause,
yang remaja masuk dewasa, yang anak2 masuk menjadi remaja dan semuanya pasti mengalami
HAIDH! Berapa persen yang sehat dan bersih? Taksiran penulis, kurang dari 10 %.
Sisanya berpenyakit, dari yang ringan sampai yang berat.
Perkiraan jumlah
penduduk se-JABODETABEK sekitar 25 juta. Jumlah wanitanya sekitar 60% atau 15
juta. Anggap saja 5 juta adalah anak2 dan yang sudah menopause, maka jumlah
wanita yang masih haidh adalah 10 juta. Jika setiap orang belanja pembalut Rp
10.000/bulan, maka omzet penjualan pembalut adalah : 10 juta x Rp 10.000 = 100
Milyar. Dalam setahun : 100 M x 12 = 1200 M atau 1,2 T. Dengan deviasi 10 %
saja, maka omset bisa mencapai 1,08 Trilyun.
10.
Proyeksi keuangan dan sumber pendanaan
N0
|
Nama barang
|
Jumlah
|
Harga satuaan
|
Harga per paket
|
1.
|
Avail Pantyliner
|
10 pack
|
32.000
|
300.000
|
2.
|
Avail day-use
|
10 pack
|
40.000
|
370.000
|
3.
|
Avail night
|
10 pack
|
42.000
|
400.000
|
4.
|
Paket kombinasi
|
Masing-masing pack isi 3
|
-
|
300.000
|
11.
Rencan Aktivitas dan Pendanaan
Kegiatan
|
Jadwal Pelaksanaan
(Bulan April)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Survey Pasar
|
√
|
|||
2.
Menyusun Rancangan Usaha
|
√
|
|||
3.
Perijinan
|
√
|
|||
4.
Survey tempat
|
√
|
|||
5.
Survey Mesin dan Peralatan
|
√
|
|||
6.
Pemasanga Sarana Penunjang
|
√
|
|||
7.
Mencari tampat kerja
|
√
|
|||
8.
Uji coba produksi
|
√
|
|||
9.
Operasional
|
√
|
12.
Lampiran
No comments:
Post a Comment