Monday 21 December 2015

TUGAS BISNIS PLAN KEWIRAUSAHAAN (1) KEDAI BUGAR

Judul Rencana Bisnis

KEDAI BUGAR (BUAH SEGAR)

A. Exsecutive Summary
Usaha ini merupakan pembuatan minuman dan makanan segar. Minuman dan makanan segar ini merupakan salah satu hal yang dicari setiap orang, terutama di iklim tropis. Produk yang kami tawarkan ini memberikan kesegaran, dapat melepaskan dahaga, serta memberikan banyak manfaat yang dapat menyahatkan tubuh konsumen, menjaga kekebalan tubuh menyegarkan tubuh menjadikan kulit cantik dan awet muda. Varians buah dalam menu kami berisi berbagai macam buah yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya buah melon, semangka, bengkoang dan strowberry yang mempunyai manfaat sumber serat, Vit-A, Vit-C, kalium dan asam folat, jika dikonsumsi setiap hari buah strowberry dapat menghaluskan kulit dan mencegah proses penuaan akibat radikal bebas. Buah alpukat memiliki kandungan yang sama dengan buah melon dan strowberry namun kandungan lemak tak jenuhnya lebih tinggi, cocok untuk menurunkan kadar kolestrol darah bagi pengonsumsi.
Dewasa ini jumlah penderita penyakit kanker semakin meningkat, dengan ini kami juga memasukan buah nanas dalam menu kami karena buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain dan mineral yang apabila buah ini dikonsumsi lebih sering dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit kronis seperti kanker. Kami juga menambahkan buah pepaya yang berfungsi untuk memperlancar pencarnaan anak. Macam-macam varians buah pilihan ini kami olah dengan higienis dan terjamin kebersihannya. Kami menyediakan menu sate buah lumur coklat dengan tujuan menarik para konsumen khususnya anak yang kurang menggemari buah kami olah menjadi semenarik mungkin. Untuk konsumen dewasa juga dapat mengkonsumsi sate buah kami dan menikmati es buah kami dengan berbagai kandungan manfaat didalamnya. Kami mempunyai target konsumen jangka pendek dan jangka panjang, untuk jangka pendek kami menargetkan mahasiswa, staf dan lingkup kampus stikes karya husada Semarang. Untuk jangka panjangnya yaitu masyarakat kota Semarang.
B. Rencana Bisnis
  1. Penjelasan singkat tentang bisnis
                                          Bisnis yang akan kami jalani ini adalah bisnis kuliner yang sudah umum dimasyarakat, yaitu kuliner sate dan es buah namun yang membedakan usaha sate dan es kami dengan yang lain adalah dari sate buah, ini akan menggunakan berbagai macam buah yaitu buah pepaya, nanas, mangga, apal, bengkoang, melon dan aneka buah lainya, dan es buah kami menggunakan variasi rasa yang beraneka ragam dan ditambahkan buah serta toping di dalamnya.
2.      Latar Belakang singkat bisnis
                                   Kedai kami bergerak dibidang usaha minuman dan makanan, makanan dan minuman ini merupakan minuman pertama dan merupakan terobosan terbaru, unik, nikmat, dan menciptakan fantasi tersendiri sehingga akan memunculkan rasa penasaran dan nama yang diciptakan untuk produk minuman ini pun tergolong unik, sehingga harapannya dengan melihat dan mendengar orang akan mulai mencarinya. Nama produk ini terinspirasi dari makanan dan minuman yang dapat memberikan kesegaran dalam tubuh dengan nama kedai Bugar (buah segar). Dalam kedai ini kami mengolah beraneka ragam buah sehingga dapat di konsumsi dengan rasa yang berbeda namun tetap menyehatkan.
                                   Varians buah dalam menu kami berisi berbagai macam buah yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya buah melon, semangka, bengkoang dan strowberry yang mempunyai manfaat sumber serat, Vit-A, Vit-C, kalium dan asam folat, jika dikonsumsi setiap hari buah strowberry dapat menghaluskan kulit dan mencegah proses penuaan akibat radikal bebas. Buah alpukat memiliki kandungan yang sama dengan buah melon dan strowberry namun kandungan lemak tak jenuhnya lebih tinggi, cocok untuk menurunkan kadar kolestrol darah bagi pengonsumsi.
                                   Dewasa ini jumlah penderita penyakit kanker semakin meningkat, dengan ini kami juga memasukan buah nanas dalam menu kami karena buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain dan mineral yang apabila buah ini dikonsumsi lebih sering dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit kronis seperti kanker. Kami juga menambahkan buah pepaya yang berfungsi untuk memperlancar pencarnaan anak. Macam-macam varians buah pilihan ini kami olah dengan higienis dan terjamin kebersihannya. Kami menyediakan menu sate buah lumur coklat dengan tujuan menarik para konsumen khususnya anak yang kurang menggemari buah kami olah menjadi semenarik mungkin. Untuk konsumen dewasa juga dapat mengkonsumsi sate buah kami dan menikmati es buah kami dengan berbagai kandungan manfaat didalamnya. Sehingga kami sangat percaya diri untuk memasarkan dan menjual produk ini dan kami optimis untuk bersaing dan menciptakan lapangan kerja dari bisnis ini.
Yang menjadi latar belakang mengapa es buah dan sate buah sebagai jenis usaha yang kami pilih dalam pembuatan bisnis plan yaitu usaha makanan dan minuman pasti memiliki prospek yang sangat tinggi karena merupakan kebutuhan yang paling mendasar untuk di penuhi. Letak negara Indonesia yang berada di wilayah tropis membuat keberadaan minuman dan makanan yang menyegarkan khususnya sangat tinggi pada musim kemarau dimana kondisi cuaca yang terik memiliki potensial berkurangnya cairan dalam tubuh manusia. Kondisi masyarakat yang demikian menjadi latar belakang pembentukan usaha kedai bugar ini di mana masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan minuman dan makanan yang menyehatkan dan menyegarkan tanpa repot membuatnya sendiri dengan berbagai varian olahan buah serta harga yang relatif murah dengan manfaat yang baik bagi kesehatan. Kedai kami dibuat dekat dengan kampus, kantor kelurahan, SD dan TK. Kami berharap bagi anak SD dan TK khususnya yang sulit atau tidak suka mengkonsumsi buah kami menyajikan menu sate buah yang menarik untuk dikonsumsi anak-anak.
  1. Visi dan Misi Perusahaan
a. Visi        : Menjadi salah satu usaha yang memberikan kenyamanan dan                              kesehatan dengan berbagai pilihan olahan buah segar.
b. Misi       : Menjadi pelopor usaha yang mempunyai produk unggulan                                                   dengan berbagai varian jenis buah dan menyehatkan,                                                                        memuaskan konsumen, menciptakan tenaga kerja yang ahli                                         dan kompeten.
  1. Analisis SWOT Bisnis
a.       Strength (kekuatan)
·         Tanpa bahan pengawet
·         Bahan-bahan selalu segar, karena bahan diolah kalau ada pesanan.
·         Disajikan dengan menarik
·         Banyak pilihan buah
·         Mengutamakan kesehatan dan kebersihan.
b.      Weakness (kelemahan)
·         Produk sate buah masih dibilang baru, jadi belum dikenal luas oleh masyarakat
·         Banyak pesaing besar yang sudah tersohor dengan namanya
·     Masih minim pengalaman dalam berbisnis karena ini masih pertama kali merintis bisnis
c.       Opportunity (peluang)
·         Bahan mudah didapat
·   Masih jarang makanan sate dengan menggunakan buah – buahan yang dilumuri cokelat,
·         Pengolahannya cukup mudah
·         Usaha yang memiliki banyak varian pilihan buah.
d.      Thread (ancaman)
·     Fluktuasi harga bahan baku produksi, alat, maupun perlengkapan lain yang terkadang tidak menentu
·         Produk bisa ditiru
·         Pesaing akan mulai bermunculan

5.      Struktur Organisasi
Rounded Rectangle: Manajer:
Novita sari
 










  1. Analisis Pasar
                        Kami membuka kedai kami di lingkungan STIKES Karya Husada Semarang. Kami sangat optimis untuk penjualan dengan berbagai macam promosi maka kami akan cukup banyak memiliki konsumen dan pelanggan. Kami perkirakan jumlah mahasiswi dan staf di stikes karya husada semarang sebanyak 1000 lebih, tempat penjualan ini pun dekat dengan tempat sekolah seperti SD, TK dan kantor kelurahan serta masyarakat lingkungan sekitar tempat kampus pun merupakan aset yang sangat berharga.
                        Disamping kami mendirikan kedai menetap kami juga membuka kedai saat ada event-event tertentu. Kami juga menerima pemesanan dalam jumlah banyak.
  1. Analisis Produksi
a.       Kedai BUGAR menyediakan berbagai produk yang patut dicoba,          diantaranya ;
·         Sate buah  : macam-macam buahan (bisa pilih sendiri juga), dengan saus coklat yang melumuri setiap kelezatannya
·         Es buah     : es buah ini terbuat dari bahan baku aneka ragam buah                                 yang digabngkan dengan toping dan pemanis alami, maka tidak heran banyak peminat dari es buah ini mualai dari anak-anak hiangga dewasa. Selain dingin cita rasa yang manis berpadu sari buah segar.
b.      Menyiapkan bahan baku yang akan digunakan
c.       Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk peningkatan kapasitas  produksi
d.      Memulai proses pengerjaan
e.       Perbaikan kualitas rasa sesuai dengan selara konsumen
f.       Peningkatan produktifitas tenaga kerja
g.      Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing)
  1. Analisis Resiko Bisnis
                                    Dalam melakukan suatu usaha tentunya ada kehadiran dari pesaing yang mempunyai usaha yang sama, untuk mengungguli pesaing yang ada kita harus cermat dalam memperhatikan strategi pasar serta produk yang dihasilkan oleh pesaing. Dalam kedai bugar ini kami memproduksi berbagai macam varian buah segar yang disajikan dalam bentuk es dan sate buah. Untuk membedakan dengan yang lain es buah kami di berikan berbagai macam toping dan pada menu sate buah dilumuri dengan coklat.
  1. Strategi Bisnis
                                    Strategi marketing perusahaan adalah merangkul konsumen agar bisa mengenal sajian perusahaan yang mempunyai cita rasa yang khas dan unik melalui berbagai promosi dan edukasi produk yang ditawarkan.
Implementasi strategi ini meliputi hal berikut :
a. Menyediakan tempat yang nyaman, dan santai.
b. Menyediakan tempat khusus yang dapat disewa untuk acara tertentu misal : acara ulang tahun, dll.
c. Melakukan promosi dengan famplet, brosur yang kemudian  menyebarkannya disekitar sekolah, kampus, lingkungan rumah, kantor atau tempat-tempat umum lainnya agar bisnis yang kita buat diketahui banyak orang.
d. Memberitahukan kepada kawan-kawan, relasi tentang usaha yang baru dibuka dan mengundang mereka untuk datang berkunjung.
e. Promosi di semua jejaring sosial sehingga lebih mudah dikenal oleh banyak orang.
f. Memberikan MemberCard.
g. Memberikan sampel secara gratis, diharapkan konsumen menyukai produk kedai bugar sehingga melakukan pembelian berulang-ulang.
h. Memberikan diskon 10% untuk pembeli pertama pada hari-hari tertentu.
i. Memberikan kupon kepada pembeli, sehingga pembeli bisa menghemat dalam membeli produk kedai bugar.
j. Membuat website untuk produk kedai bugar agar masyarakat mudah mendapatkan informasi yang terkait seperti penampilan produk – produk kedai bugar, manfaat yang terkandung dalam produk, lokasi, dll, serta untuk menunjukkan eksistensi kedai bugar, sebagai kedai yang gaul dan menyehatkan.
k. Senantiasa memperluas jaringan dengan sering membuka stand – stand atau bazaar di banyak event setiap harinya.
l. Membuka line telephone dan sms untuk layanan konsumen (ex : delivery order)

  1. Proyeksi keuangan dan Sumber Pendanaan

a.       Bahan Baku sate buah dan es buah
No
Bahan
Jumlah
Harga satuan
Total
1.
Buah papaya 
2 buah
 8.000
16.000
2.
Buah Melon
2 buah
12.000
24.000
3.
Buah bengkoang
2 iket
 7.000
14.000
4.
Buah nanas
2 buah
 5.000
10.000
5.
Buah semangka
1 buah
17.000
17.000
6.
Sirup
2 botol
12.000
24.000
7.
Gula Putih
1,5 kg
10.000
15.000
8.
Coklat
1/2 kg
50.000
50.000
9.
Air aqua gallon
1 galon isi ulang
15.000
15.000
10.
Es batu
10 plastik
1.000
10.000
11.
Toping agar
4 saset
3.000
12.000
12.
Strawberi
2 pack
25.000
50.000
13.
Alpukat
1,5kg
10.000
15.000
14.
Susu kaleng
2 kaleng
12.000
24.000



Total
296.000




b. bahaan b. Bahan tambahan untuk penyajian
No
Bahan
Jumlah
Harga asatuan
Total
1.
Gelas cup
50 cup
1.000
50.000
2.
Sendok es buah
50 buah
 250
12.500
3.
Plastik
3 pack
2.000
 6.000
4.
Tusuk sate
1 pack
5.000
 5.000
5.
Piring kertas
1 pack
12.000
12.000
6.
Plastik Mika
50 buah
  150
 7.500



Total
93.000



P





c. Peralatan investasi
N0
Nama barang
Jumlah
Harga satuaan
Total
1.
Pisau
3 buah
4.000
12.000
2.
Termos es
1 buah
100.000
100.000
3.
Centong
1 buah
5.000
5.000
4.
Sendok sayur
3 buah
3.000
9.000
5.
Toples sedang
6 buah
8.000
48.000
9.
Ember cuci
1 buah
12.000
12.000
10.
Meja kursi
3 set
200.000
600.000




786.000











d. Perkiraan harga 1 porsi sate buah dan 1 cup es buah :
1. Harga sate buah per porsi     = Rp 5.000
2. Harga Es buah per Cup                    = Rp 7.000
3. Modal sate dan es buah                   = Rp 389.000
4. Omset per hari
Omset per hari sate buah         : 50 porsi x Rp 5.000,00          = Rp 250.000,00
Omset per hari es buah         : 50 cup x Rp 7.000,00            = Rp 350.000,00

Total omset per hari                                                                                                  = Rp 600.000,00
Total omset per bulan : Rp 600.000,00 x 30 hari                 = Rp 18.000.000,00
Penyusutan alat setelah pemakain satu tahun
=1/12 X Rp 786.000     =Rp 65.000/bulan
5. omset perbulan
Biaya operasional per bulan
Bahan baku             
            : Rp 389.000/ hari x 30           = Rp  11.670.000,00
Penyusutan alat                    : Rp 65.000,00
Sewa tempat                         : Rp 200.000,00
Fee royalty 10 % x Rp 1
8.000.000,00                                 = Rp   1.800.000,00
Total                                                
                                    = Rp 13.735.000,00
6. Laba bersih per bulan
Rp 18.000.000,00 – Rp 13.735.000,00  =    Rp 4.265.000,00
11.  Rencan Aktivitas dan Pendanaan      
Kegiatan
Jadwal Pelaksanaan
(Bulan April)
1
2
3
4
1.      Survey Pasar



2.      Menyusun Rancangan Usaha



3.      Perijinan



4.      Survey tempat



5.      Survey Mesin dan Peralatan



6.      Pemasanga Sarana Penunjang



7.      Mencari tampat kerja



8.      Uji coba produksi



9.      Operasional





a. dari
a.       buka setiap hari mulai pk. 09.00 – 20.00 WIB
b.      Proses promosi dilakukan bersamaan dengan proses penjualan produk.

12.  Lampiran





A. ES BUGAR


CARA MEMBUAT ES BUGAR
1)      Bahan-bahan
·         Semangka secukupnya, potong kecil kotak-kotak
·         nanas secukupnya, potong kecil kotak-kotak
·         strawberry, potong menjadi dua bagian
·         melon secukupnya, potong kecil kotak-kotak
·         pepaya secukupnya, potong kotak-kotak
·         bengkoang secukupnya potong kotak-kotak
·         alpukat secukupnya, potong kotak-kotak
·         agar – agar potong kotak-kotak
·         gula pasir secukupnya
·         sirup secukupnya
·         Susu kental manis secukupnya
·         Es batu secukupnya
·         Air mineral
2)      Cara Membuat
·         Pertama-tama, gula pasir di rebus dalam air sampai mendidih. Gunakan api kecil.
·         Sebelumnya masukan bahan bahan buah yang telah di potong-potong serta agar dalam sebuah tempat berukuran besar..
·         Tuangkan sirup (air rebusan gula dan air) dalam wadah yang berisi potongan buah tadi.
·         Jangan lupa tambahkan es batu biar lebih segar.
·         Setelah itu taburi dengan susu kental manis diatasnya
Es Buah Segar siap disajikan.




B. SATE BUGAR


Bahan:
·         papaya secukupnya, di iris bentuk kotak.
·         melon secukupnya, bentuk kotak.
·         strowberi secukupnya, biarkan dalam bentuk aslinya.
·         Nanas secukupnya, bentuk potongan kotak
·         Bengkoang secukupnya, bentuk irisan kotak
·         Semangka secukupnya, bentuk irisan kotak
Saus cokelat:
200 cc susu cair.
cokelat bubuk.
gula pasir.
Cara membuat:
1)      Tusukkan buah berselang-seling pada tusuk sate.
2)      Buat saus cokelat: rebus susu cair, lalu masukkan cokelat bubuk, gula dan cokelat masak. Aduk hingga seluruhnya larut.

3)      Sajikan sate buah dengan saus cokelat sebagai celupan, atau lumuri sate buah dengan cokelat, penyajian cokelat tergantung permintaan pelanggan.

No comments:

Post a Comment