MAKALAH KEWIRAUSAHAAN BISNIS PLAN
CAPUNG’S DESIGN CHOCOLATE CREATIONS DENGAN
VARIAN ISI RASA BUAH
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Coklat
merupakan makanan yang disukai oleh semua orang dan sehat untuk tubuh. Melihat
dari bahan baku yang tersedia, saya berencana mendirikan sebuah usaha
pengolahan coklat. Usaha ini dapat meningkatkan nilai tambah coklat. Usaha ini
saya beri nama ‘Capung’s Design Chocolate Creations’. Chocolate Creations
merupakan usaha dalam pengelolaan dan penyajian coklat. Usaha ini tergolong
baru untuk lingkungan kampus Stikes Karya Husada, karena belum disentuh oleh
pelaku bisnis lain.
Chocolate
Creations merupakan makanan yang disukai oleh semua orang, baik anak-anak,
remaja maupun orang tua. Tidak hanya dari segi rasa yang enak, coklat juga
memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sehingga tidak ada alas an untuk tidak
menyukai coklat. Melihat dari sumber daya yang banyak tersedia, maka usaha
coklat merupakan usaha yang memiliki peluang yang besar. Chocolate Creations
ini akan memberikan penawaran-penawaran yang menarik kepada konsumen. Dimana
Chocolate Creations akan menjual coklat diisi dengan rasa buah dengan berbagai
variasi dari segi produk. Dari segi produk, Chocolate Creation ini adalah
memenuhi permintaan konsumen dalam penyediaan coklat, menjadi perusahaan besar
dan pertama di kota Semarang yang bergerak dalam pegelolaan coklat dan untuk
mendapatkan keuntungan.
Usaha
inovasi kuliner dengan menghadirkan Chocolate Creations ini merupakan upaya
kreatifitas saya sebagai mahasiswa yang ingin mengembangkan usaha mandiri
dengan dukungan dosen pembimbing dan Stikes tempat saya menimba ilmu.
B.
PERUMUSAN
MASALAH
Adapun perumusan masalah dari fakta-fakta yang
dijelaskan sebelumnya adalah :
1.
Bagaimana
memulai usaha kuliner inovatif Chocolate Creations di sekitar kampus Stikes
Karya Husada?
2.
Apakah usaha
kuliner inovatif Chocolate Creations dapat dikembangkan sebagai usaha franchise
yang dapat memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat ?
C.
TUJUAN PROGRAM
Tujuan
yang ingin dicapai dalam program kreatifitas ini adalah :
1.
Memulai usaha kuliner inovatif Chocolate
Creation di sekitar kampus Sties Karya Husada.
2.
Mengembangkan usaha kuliner inovatif Chocolate
Creations sebagai franchise yang dapat memberikan
lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
D.
LAURAN
YANG DIHARAPKAN
Lauran yang diharapkan dari usaha
ini adalah pengembangan inovasi produk sehat yang berkualitas dan bergaya muda
serta memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
E.
KEGUNAAN
PROGRAM BAGI MAHASISWA
1.
Mengembangkan
jiwa entrepreneur dan keberanian dalam berwirausaha.
2.
Mendapatkan
penghasilan tambahan dari usaha Chocolate Creations.
F.
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1.
Ide Produk
Kami
menjual coklat diisi dengan rasa buah yang banyak manfaat bagi kesehatan dan
banyaknya varian bentuk yang menambah cita rasa dari coklat tersebut.
2.
Strategi Kegiatan Usaha
a.
Mutu Produk
Mutu
Chocolate Creations yang dijual sangat berkualitas dan terjamin kesehatannya
karena kami langsung mengolah biji kakao hingga menjadi coklat bubuk dengan
sendiri. Sehingga kami menjual coklat dalam keadaan sehat.
b.
Harga Produk
Kami
menjual coklat dengan harga 3000 sampai dengan harga 50.000, harga tersebut
tergantung dari tingkat kesulitan membuat bentuk coklat yang diinginkan oleh
konsumen.
c.
Jalur Pemasaran
Adapun
jalur pemasaran dalam penjualan produk coklat ini adalah sebagai berikut:
Ø Direct
Selling
: Menjual langsung coklat tersebut ke
mahasiswa dan masyarakat sekitar.
Ø Personal
Selling : Mouth to mouth
Ø Media
Sosial : Melalui aplikasi Blackberry
Messanger, Path, Instagram, Twitter dan facebook.
Ø Media
Print : Chocolate
Creations juga menggunakan media print sebagai alat pemasaran yaitu berupa brosur.
d.
Rencana Pelaksanaan
Ø Menyebarkan
brosur ke perumahan, sekolah, kampus, serta tempat ramai lainnya.
Ø Membuka
outlet di tempat ramai yang dilewati oleh banyak orang.
e.
Ukuran keberhasilan
Untuk menentukan ukuran keberhasilan
dari rencana pemasaran, maka setiap bulan akan diadakan evaluasi kinerja
perusahaan dengan membuat grafik target penjualan secara
sistematis. Dengan adanya grafik target penjualan maka pihak manajemen dapat
mengevaluasi penjualan dari bulan ke bulan dan dapat digunakan sebagai tolak
ukur terhadap tingkat keberhasilan yang dicapai perusahaan dan rencana
pemasaran terbaik di periode berikutnya.
3.
Uji Kelayakan Dengan Menggunakan Analisis
SWOT
a)
Kekuatan-kekuatan dari perusahaan
(Strength)
Kekuatan usaha dari produk kami
terletak pada khasiat coklat, rasa yang unik, dan diisi bengan banyak varian
rasa buah.
b)
Kelemahan-kelemahan dari usaha (Weakness)
Sulit dalam proses pencampuran dan
mencoba varian baru.
c)
Kesempatan-kesempatan dari peerusahaan
(Oppourtunity)
Kesempatan-kesempatan yang diperoleh
oleh perusahaan kami terletak pada keunikan nama produk dan produk itu sendiri
yang kami tawarkan karena belum ada di pasaran. Dengan keunikan dari isi produk
kam menjadi daya tarik bagi konsumen untuk mencoba produk kami.
d) Ancaman-ancaman
bagi perusahaan (Threat)
Ancaman-ancaman bagi usaha kami
terletak pada munculnya berbagai pesaing dengan usaha sejenis di bidang kuliner
Karena usaha kami dapat mudah untuk ditiru.
G.
METODE
PELAKSANAAN PROGRAM
Pelaksanaan
program usaha ini terbagi atas 3 tahap, yakni survey, penyusunan rencana usaha,
dan uji coba penjualan. Penjelasan tiap tahap akan dijelaskan sebagai berikut :
1.
Survey
a)
Survey Pasar
Survey
pasar dilakukan untuk mengetahui target pasar yang akan dijangkau oleh usaha
yang akan dijalankan dan menangkap keinginan para target pasar. Survey pasar
juga dilakukan untun mengetahui kekuatan competitor lain dan menetapkan
strategi apa yag diterapkan agar dapat bersaing dengan competitor lainnya.
b)
Survey Tempat
usaha
Survey
ini dilakukan untuk mecari tempat yang strategis untuk mebuka usaha agar dapat
menarik perhatian konsumen dan dapat bersaing dengan competitor lainya.
c)
Survey
Perlengkapan
Survey
ini dilakukan untuk mengetahui perlengkapan-perlengkapan yang harus diguakan
untuk menunjang dan mendukung usaha ini.
2.
Menyusun
Rencana Usaha
Pada
tahapan ini kami melakukan susunan rencana usaha yang sesuai dengan visi misi
yang kami jalankan dengan mencari inovasi terbaru untuk usaha ini adalah agar
dapat berkembang luas dan diterima semua masyarakat.
3.
Uji Coba
Penjualan
Pada
tahapan ketiga ini kami akan mencoba melakukan uji coba penjualan agar dapat
sesuai dengan selera target pasar dan dapat diterima oleh target pasar.
H.
JADWAL
KEGIATAN PROGRAM
Kegiatan Pra-Operasional dan Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan Pra-Operasional
|
Jadwal Pelaksanaan
|
Biaya
Pra-Operasional
|
|||
Bulan Ke-1
|
Bulan Ke-2
|
Bulan Ke-3
|
Bulan Ke-4
|
||
1. Survey Pasar
|
0
|
||||
2. Menyusun Rencana Usaha
|
0
|
||||
3. Survey Tempat Usaha
|
0
|
||||
4. Survey Perlengkapan
|
0
|
||||
5. Uji Coba Penjualan
|
0
|
||||
TOTAL
|
0
|
Aspek Produk
1. Produk
a) Nama Produk :
Chocolate Creations
b) Jenis produk :
Kuliner
c) Produk Yang Dijual :
Coklat di isi rasa buah
No comments:
Post a Comment