Monday 21 December 2015

TUGAS BISNIS PLAN KEWIRAUSAHAAN (2) CHOCOLATE CREATIONS


















MAKALAH KEWIRAUSAHAAN BISNIS PLAN
CAPUNG’S DESIGN CHOCOLATE CREATIONS DENGAN
VARIAN ISI RASA BUAH



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
            Coklat merupakan makanan yang disukai oleh semua orang dan sehat untuk tubuh. Melihat dari bahan baku yang tersedia, saya berencana mendirikan sebuah usaha pengolahan coklat. Usaha ini dapat meningkatkan nilai tambah coklat. Usaha ini saya beri nama ‘Capung’s Design Chocolate Creations’. Chocolate Creations merupakan usaha dalam pengelolaan dan penyajian coklat. Usaha ini tergolong baru untuk lingkungan kampus Stikes Karya Husada, karena belum disentuh oleh pelaku bisnis lain.
            Chocolate Creations merupakan makanan yang disukai oleh semua orang, baik anak-anak, remaja maupun orang tua. Tidak hanya dari segi rasa yang enak, coklat juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sehingga tidak ada alas an untuk tidak menyukai coklat. Melihat dari sumber daya yang banyak tersedia, maka usaha coklat merupakan usaha yang memiliki peluang yang besar. Chocolate Creations ini akan memberikan penawaran-penawaran yang menarik kepada konsumen. Dimana Chocolate Creations akan menjual coklat diisi dengan rasa buah dengan berbagai variasi dari segi produk. Dari segi produk, Chocolate Creation ini adalah memenuhi permintaan konsumen dalam penyediaan coklat, menjadi perusahaan besar dan pertama di kota Semarang yang bergerak dalam pegelolaan coklat dan untuk mendapatkan keuntungan.
            Usaha inovasi kuliner dengan menghadirkan Chocolate Creations ini merupakan upaya kreatifitas saya sebagai mahasiswa yang ingin mengembangkan usaha mandiri dengan dukungan dosen pembimbing dan Stikes tempat saya menimba ilmu.


B.     PERUMUSAN MASALAH
Adapun perumusan masalah dari fakta-fakta yang dijelaskan sebelumnya adalah :
1.      Bagaimana memulai usaha kuliner inovatif Chocolate Creations di sekitar kampus Stikes Karya Husada?
2.      Apakah usaha kuliner inovatif Chocolate Creations dapat dikembangkan sebagai usaha franchise yang dapat memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat ?
C.     TUJUAN PROGRAM
Tujuan yang ingin dicapai dalam program kreatifitas ini adalah :
1.      Memulai usaha kuliner inovatif Chocolate Creation di sekitar kampus Sties Karya Husada.
2.       Mengembangkan usaha kuliner inovatif Chocolate Creations sebagai franchise  yang dapat memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
D.     LAURAN YANG DIHARAPKAN
            Lauran yang diharapkan dari usaha ini adalah pengembangan inovasi produk sehat yang berkualitas dan bergaya muda serta memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
E.     KEGUNAAN PROGRAM BAGI MAHASISWA
1.      Mengembangkan jiwa entrepreneur dan keberanian dalam berwirausaha.
2.      Mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha Chocolate Creations.
F.      GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1.      Ide Produk
Kami menjual coklat diisi dengan rasa buah yang banyak manfaat bagi kesehatan dan banyaknya varian bentuk yang menambah cita rasa dari coklat tersebut.
2.      Strategi Kegiatan Usaha

a.       Mutu Produk
Mutu Chocolate Creations yang dijual sangat berkualitas dan terjamin kesehatannya karena kami langsung mengolah biji kakao hingga menjadi coklat bubuk dengan sendiri. Sehingga kami menjual coklat dalam keadaan sehat.
b.      Harga Produk
Kami menjual coklat dengan harga 3000 sampai dengan harga 50.000, harga tersebut tergantung dari tingkat kesulitan membuat bentuk coklat yang diinginkan oleh konsumen.
c.       Jalur Pemasaran
Adapun jalur pemasaran dalam penjualan produk coklat ini adalah sebagai berikut:
Ø  Direct Selling             :  Menjual langsung coklat tersebut ke mahasiswa dan  masyarakat sekitar.
Ø  Personal Selling           :    Mouth to mouth
Ø  Media Sosial               : Melalui aplikasi Blackberry Messanger, Path, Instagram, Twitter dan  facebook.
Ø  Media Print                 : Chocolate Creations juga menggunakan media print  sebagai alat pemasaran yaitu berupa brosur.
d.      Rencana Pelaksanaan
Ø  Menyebarkan brosur ke perumahan, sekolah, kampus, serta tempat ramai lainnya.
Ø  Membuka outlet di tempat ramai yang dilewati oleh banyak orang.
e.       Ukuran keberhasilan
            Untuk menentukan ukuran keberhasilan dari rencana pemasaran, maka setiap bulan akan diadakan evaluasi kinerja perusahaan dengan membuat grafik target penjualan secara sistematis. Dengan adanya grafik target penjualan maka pihak manajemen dapat mengevaluasi penjualan dari bulan ke bulan dan dapat digunakan sebagai tolak ukur terhadap tingkat keberhasilan yang dicapai perusahaan dan rencana pemasaran terbaik di periode berikutnya.
3.      Uji Kelayakan Dengan Menggunakan Analisis SWOT
a)      Kekuatan-kekuatan dari perusahaan (Strength)
            Kekuatan usaha dari produk kami terletak pada khasiat coklat, rasa yang unik, dan diisi bengan banyak varian rasa buah.
b)      Kelemahan-kelemahan dari usaha (Weakness)
            Sulit dalam proses pencampuran dan mencoba varian baru.
c)      Kesempatan-kesempatan dari peerusahaan (Oppourtunity)
            Kesempatan-kesempatan yang diperoleh oleh perusahaan kami terletak pada keunikan nama produk dan produk itu sendiri yang kami tawarkan karena belum ada di pasaran. Dengan keunikan dari isi produk kam menjadi daya tarik bagi konsumen untuk mencoba produk kami.
d)     Ancaman-ancaman bagi perusahaan (Threat)
            Ancaman-ancaman bagi usaha kami terletak pada munculnya berbagai pesaing dengan usaha sejenis di bidang kuliner Karena usaha kami dapat mudah untuk ditiru.
G.    METODE PELAKSANAAN PROGRAM
            Pelaksanaan program usaha ini terbagi atas 3 tahap, yakni survey, penyusunan rencana usaha, dan uji coba penjualan. Penjelasan tiap tahap akan dijelaskan sebagai berikut :
1.      Survey
a)      Survey Pasar
      Survey pasar dilakukan untuk mengetahui target pasar yang akan dijangkau oleh usaha yang akan dijalankan dan menangkap keinginan para target pasar. Survey pasar juga dilakukan untun mengetahui kekuatan competitor lain dan menetapkan strategi apa yag diterapkan agar dapat bersaing dengan competitor lainnya.
b)      Survey Tempat usaha
      Survey ini dilakukan untuk mecari tempat yang strategis untuk mebuka usaha agar dapat menarik perhatian konsumen dan dapat bersaing dengan competitor lainya.
c)      Survey Perlengkapan
      Survey ini dilakukan untuk mengetahui perlengkapan-perlengkapan yang harus diguakan untuk menunjang dan mendukung usaha ini.
2.      Menyusun Rencana Usaha
            Pada tahapan ini kami melakukan susunan rencana usaha yang sesuai dengan visi misi yang kami jalankan dengan mencari inovasi terbaru untuk usaha ini adalah agar dapat berkembang luas dan diterima semua masyarakat.
3.      Uji Coba Penjualan
            Pada tahapan ketiga ini kami akan mencoba melakukan uji coba penjualan agar dapat sesuai dengan selera target pasar dan dapat diterima oleh target pasar.











H.    JADWAL KEGIATAN PROGRAM
Kegiatan Pra-Operasional dan Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan Pra-Operasional
Jadwal Pelaksanaan
Biaya
Pra-Operasional
Bulan Ke-1
Bulan Ke-2
Bulan Ke-3
Bulan Ke-4
1.      Survey Pasar
0
2.      Menyusun Rencana Usaha
0
3.      Survey Tempat Usaha
0
4.      Survey Perlengkapan
0
5.      Uji Coba Penjualan
0
TOTAL
0
Aspek Produk
1.      Produk
a)      Nama Produk            : Chocolate Creations
b)      Jenis produk              : Kuliner

c)      Produk Yang Dijual  : Coklat di isi rasa buah

No comments:

Post a Comment