Wednesday 9 September 2015

RPS KONSEP KEBIDANAN

 RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN

Program Studi           : D III Kebidanan
Mata Kuliah              : Konsep Kebidanan
Kode Mata Kuliah    : Bd. 401
Semester                     : 2 (Dua)
SKS                            : 4 SKS
Dosen Pengampu      : Novita Sari, M.Tr.Keb

Deskripsi MK            :          
Konsep kebidanan adalah suatu kerangka dalam bidang keilmuan bidan yang meliputi dan membahas mengenai definisi bidan, falsafah kebidanan, teori dan praktek kebidanan atau midwifery, tinjauan keilmuan kebidanan, bahasan mengenai beberapa bagian dari ilmu kebidanan, pelayanan kebidanan, praktek kebidanan, asuhan kebidanan, serta manajemen kebidanan.
Materi ini membahas tentang ; falsafah kebidanan dan filosofi asuhan kebidanan, sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, bidan sebagai profesi, peran dan fungsi kompetensi bidan dalam pelayanan kebidanan, teori dan model konsep asuhan kebidanan, aplikasi model asuhan kebidanan dan aplikasi paradigma sehat, serta manajemen kebidanan.

Capaian Pembelajaran MK :
a.      Sikap:
a.       Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.      Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
c.       Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
d.      Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
e.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
f.       Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas
g.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
h.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
i.        Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
j.        menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

b.      Keterampilan Umum:
a.       Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku
b.      Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
c.       Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
d.      Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
e.       Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
f.       Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
g.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
h.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

c.       Keterampilan Khusus:
a.       Mampu menjelaskan filosofi dan definisi bidan
b.      Mampu menjelaskan pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
c.       Mampu menjelaskan perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
d.      Mampu menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
e.       Mampu menjelaskan kebidanan sebagai profesi
f.       Mampu menjelaskan peran fungsi bidan
g.      Mampu menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
h.      Mampu menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan

d.      Pengetahuan:
a.       Mampu menguasai filosofi dan definisi bidan
b.      Mampu menguasai pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
c.       Mampu menguasai perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
d.      Mampu menguasai paradigma asuhan kebidanan
e.       Mampu menguasai kebidanan sebagai profesi
f.       Mampu menguasai peran fungsi bidan
g.      Mampu menguasai teori dan model konseptual asuhan kebidanan
h.      Mampu menguasai  konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan






Mgg Ke
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian (materi Ajar)
Bentuk Pembelajaran
Kriteria Penilaian
Alokasi Waktu
Bobot Nilai
Ke.1
Mahasiswa dapat menjelaskan filosofi dan definisi bidan
1.      Pengertian filosofi dan defenisi bidan
-       Defenisi bidan
-       Filosofi kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Dapat memperhatikan, dan menguasai materi definisi bidan dan filosofi kebidanan
T : 50 menit
5%
Lanj.1
Mahasiswa mampu menjelaskan pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
1.      Pelayanan kebidanan
2.      Praktik kebidanan
3.      Asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
memperhatikan, dan mampu menguasai materi pelayanan kebidanan, praktik kebidanan dan asuhan kebidanan
T : 100 menit
5%
Ke.2
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
1.      Sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan
-     Perkembangan di luar negeri
-     Perkembangan di dalam negeri
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
mampu menguasai materi perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
T : 100 menit
15%
Ke.3
Mahasiwa mampu menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
1.      Paradigma asuhan kebidanan, pengertian paradigma
a.       komponen paradigma kebidanan
-       Manusia
-       Lingkungan
-       Kesehatan
-       Kebidanan
b.      Macam – macam asuhan kebidanan
c.       Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Dapat menguasai materi paradigma asuhan kebidanan
T : 200 menit
20%
Ke.4
Mahasiswa mampu menjelaskan kebidanan sebagai profesi
1.      Kebidanan sebagai profesi
-       Profesi bidan
-       Profesionalisme
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Memperhatikan dan dapat menguasai materi kebidanan sebagai profesi
T : 100 menit
10%
Lanj.4
Mahasiswa mampu menjelaskan peran fungsi bidan
1.      Peran fungsi bidan
2.      Praktek professional bidan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Dapat menerima, memperhatikan dan menguasai materi peran fungsi bidan
T : 50 menit
5%
Ke.5
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
1.      Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
2.      Dasar pemikiran, fokus dan tujuan dalam teori kebidanan
-     Reva Rubin
-     Ramona
-     Ela joy lehman
-     Ernestin
-     Jen ball
-     Model konseptual asuhan kebidanan 
-     Midwifery Care
-     Paradigma sehat
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Mampu menguasai teori dan model konseptual asuhan kebidanan
T : 100 menit
20%
Ke.6
Mahasiswa mampu menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
1.      Konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
a.       Manajemen Kebidanan
-     konsep dan prisip manajemen pada umumnya
-     pengertian manajemen kebidanan
-     langkah- langkah manajemen kebidanan
b.      Lingkup Praktek kebidanan
-          Ruang lingkup  dan sasaran
-          Lahan praktik pelayanan kebidanan
c.       Pengorganisasian praktek   asuhan kebidanan
-          Pelayanan  mandiri
-          Kolaborasi
-          Rujukan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Memperhatikan dan menguasai materi  konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
T :  400 menit
20%


Jumlah


1200 menit
100%


Daftar Pustaka :
-          Anita, Bustani, Aprina dkk konsep kebidanan 2012, salemba medika.Indonesia
-          Bryar,R ( 1995 ) Theory for midwifery practise edisi 1, Macmillan Houndmillo.
-          Varney H ( 1997 ) Varneys midwifery Jones and Bartlett Publishers, Sudbury, Massachusetts, USA
-          Pyne, RH ( 1992 ), Profesional disiplin in Nursing, Midwifery and health Visisting edisi 2, Balack well Scientifik London.
-          Sweet, Br ( 2000 ) Maye’s Midwifery a text book for midwives, Twelfth edition, bailere, tindall - London.
-          pusdiknakes-WHO-JHPIEGO,2001, Konsep Asuhan Kebidanan

-          http://kuliahbidan.wordpress.com/2008/11/02/profesi-bidan-di-indonesia/

No comments:

Post a Comment