RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN
MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN
Program
Studi : D III Kebidanan
Mata
Kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : Bd. 401
Semester : 2 (Dua)
SKS : 4 SKS
Dosen
Pengampu : Novita Sari, M.Tr.Keb
Deskripsi
MK :
Konsep kebidanan adalah suatu kerangka
dalam bidang keilmuan bidan yang meliputi dan membahas mengenai definisi bidan,
falsafah kebidanan, teori dan praktek kebidanan atau midwifery, tinjauan
keilmuan kebidanan, bahasan mengenai beberapa bagian dari ilmu kebidanan,
pelayanan kebidanan, praktek kebidanan, asuhan kebidanan, serta manajemen
kebidanan.
Materi ini membahas tentang ; falsafah
kebidanan dan filosofi asuhan kebidanan, sejarah perkembangan pelayanan dan
pendidikan kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, bidan sebagai profesi, peran
dan fungsi kompetensi bidan dalam pelayanan kebidanan, teori dan model konsep
asuhan kebidanan, aplikasi model asuhan kebidanan dan aplikasi paradigma sehat,
serta manajemen kebidanan.
Capaian
Pembelajaran MK :
a.
Sikap:
a. Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Memiliki
moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
c. Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian
dunia
d. Mampu
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap
masyarakat dan lingkungannya
e. Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan
orisinal orang lain
f. Menjunjung
tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan
bangsa serta masyarakat luas
g. Taat
hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
h. Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik
i.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
j.
menginternalisasi semangat kemandirian,
kejuangan, dan kewirausahaan
b.
Keterampilan
Umum:
a. Mampu
menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam
metode yang sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku
b. Mampu
menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
c. Mampu
memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang
keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung
jawab atas hasilnya secara mandiri
d. Mampu
menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta
mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
e. Mampu
bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
f. Mampu
bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi
dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja
yang berada di bawah tanggungjawabnya
g. Mampu
melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah
tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
h. Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
c.
Keterampilan
Khusus:
a. Mampu
menjelaskan filosofi dan definisi bidan
b. Mampu menjelaskan
pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
c. Mampu menjelaskan
perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan
internasional
d. Mampu
menjelaskan
paradigma asuhan kebidanan
e. Mampu
menjelaskan kebidanan sebagai profesi
f. Mampu
menjelaskan
peran fungsi bidan
g. Mampu
menjelaskan teori dan model
konseptual asuhan kebidanan
h. Mampu menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam
praktik kebidanan
d.
Pengetahuan:
a.
Mampu menguasai filosofi dan definisi
bidan
b.
Mampu menguasai pelayanan,
praktik, dan asuhan kebidanan
c.
Mampu menguasai
perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan
internasional
d.
Mampu menguasai paradigma
asuhan kebidanan
e.
Mampu menguasai kebidanan
sebagai profesi
f.
Mampu menguasai peran
fungsi bidan
g.
Mampu menguasai teori dan model konseptual asuhan kebidanan
h.
Mampu menguasai konsep
kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
Mgg Ke
|
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
|
Bahan Kajian (materi Ajar)
|
Bentuk Pembelajaran
|
Kriteria Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Bobot Nilai
|
Ke.1
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan filosofi dan definisi bidan
|
1. Pengertian filosofi dan defenisi bidan
- Defenisi bidan
- Filosofi kebidanan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Dapat memperhatikan, dan menguasai materi definisi bidan
dan filosofi kebidanan
|
T : 50 menit
|
5%
|
Lanj.1
|
Mahasiswa mampu
menjelaskan pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
|
1. Pelayanan kebidanan
2. Praktik kebidanan
3. Asuhan kebidanan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
memperhatikan, dan mampu menguasai materi
pelayanan kebidanan, praktik kebidanan dan asuhan kebidanan
|
T : 100 menit
|
5%
|
Ke.2
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan
secara nasional dan internasional
|
1. Sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan
kebidanan
-
Perkembangan
di luar negeri
-
Perkembangan
di dalam negeri
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
mampu menguasai materi perkembangan profesi
pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
|
T : 100 menit
|
15%
|
Ke.3
|
Mahasiwa mampu
menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
|
1. Paradigma asuhan kebidanan, pengertian paradigma
a. komponen paradigma kebidanan
-
Manusia
-
Lingkungan
-
Kesehatan
-
Kebidanan
b. Macam – macam asuhan kebidanan
c. Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Dapat menguasai materi paradigma asuhan kebidanan
|
T : 200 menit
|
20%
|
Ke.4
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan kebidanan sebagai profesi
|
1. Kebidanan sebagai profesi
-
Profesi
bidan
-
Profesionalisme
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Memperhatikan
dan dapat menguasai materi kebidanan
sebagai profesi
|
T : 100 menit
|
10%
|
Lanj.4
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan peran fungsi bidan
|
1. Peran fungsi bidan
2. Praktek professional bidan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Dapat
menerima, memperhatikan dan menguasai materi peran fungsi bidan
|
T : 50 menit
|
5%
|
Ke.5
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
|
1. Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
2. Dasar pemikiran, fokus dan tujuan dalam teori
kebidanan
-
Reva Rubin
-
Ramona
-
Ela joy
lehman
-
Ernestin
-
Jen ball
-
Model
konseptual asuhan kebidanan
-
Midwifery
Care
-
Paradigma
sehat
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Mampu menguasai teori dan model konseptual asuhan kebidanan
|
T : 100 menit
|
20%
|
Ke.6
|
Mahasiswa
mampu menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
|
1. Konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik
kebidanan
a. Manajemen Kebidanan
-
konsep dan
prisip manajemen pada umumnya
-
pengertian
manajemen kebidanan
-
langkah-
langkah manajemen kebidanan
b. Lingkup Praktek kebidanan
-
Ruang
lingkup dan sasaran
-
Lahan
praktik pelayanan kebidanan
c. Pengorganisasian praktek asuhan
kebidanan
-
Pelayanan mandiri
-
Kolaborasi
-
Rujukan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Memperhatikan dan menguasai materi konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik
kebidanan
|
T : 400 menit
|
20%
|
Jumlah
|
1200 menit
|
100%
|
Daftar
Pustaka :
-
Anita, Bustani, Aprina dkk konsep
kebidanan 2012, salemba medika.Indonesia
-
Bryar,R
( 1995 ) Theory for midwifery practise edisi 1, Macmillan Houndmillo.
-
Varney
H ( 1997 ) Varneys midwifery Jones and Bartlett Publishers, Sudbury,
Massachusetts, USA
-
Pyne,
RH ( 1992 ), Profesional disiplin in Nursing, Midwifery and health Visisting
edisi 2, Balack well Scientifik London.
-
Sweet,
Br ( 2000 ) Maye’s Midwifery a text book for midwives, Twelfth edition,
bailere, tindall - London.
-
pusdiknakes-WHO-JHPIEGO,2001,
Konsep Asuhan Kebidanan
-
http://kuliahbidan.wordpress.com/2008/11/02/profesi-bidan-di-indonesia/
No comments:
Post a Comment