Wednesday 9 September 2015

KONTRAK PERKULIAHAN KONSEP KEBIDANAN

KONTRAK PERKULIAHAN

Nama Mata Kuliah      : Konsep Kebidanan
Kode Mata Kuliah      : Bd.401
Pengajar                      : Novita Sari, S.ST.Keb
Semester                      : II
Hari Pertemuan/Jam    : Senin dan Kamis, 08.00 – 10.00 WIB
Tempat Pertemuan      : Ruang 1.1

    1.     Manfaat Mata Kuliah
Dengan adanya mata kuliah Konsep Kebidanan diharapkan mahasiswa menjadi lebih kompeten dan lebih profesional dalam memberikan asuhan praktik kebidanan di komunitas.

    2.     Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep kebidanan dengan pokok bahasan : Pengertian, filosofi, dan definisi bidan; perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional; paradigma asuhan kebidanan; peran fungsi bidan; standar profesi bidan; teori dan model konseptual asuhan kebidanan; managemen kebidanan; sistem penghargaan; prinsip perkembangan karir bidan; usaha jasa pelayanan dan praktik kebidanan secara mandiri maupun berkesinambungan; model asuhan kebidanan; konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan.

    3.     Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan ini, Anda diharapkan mampu :
a.       Mampu menjelaskan filosofi dan definisi bidan
b.      Mampu menjelaskan pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
c.       Mampu menjelaskan perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
d.      Mampu menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
e.       Mampu menjelaskan kebidanan sebagai profesi
f.       Mampu menjelaskan peran fungsi bidan
g.      Mampu menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
h.      Mampu menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan



Bagan 1.Skema Materi Perkuliahan Konsep Kebidanan






   


    4.     Strategi Perkuliahan
Perkuliahan ini menggunakan beberapa macam metode untuk melaksanakan proses pembelajarannya, seperti cemarah, diskusi, presentasi, dan tugas kelompok. Dengan demikian setiap mahasiswa diharapkan mampu berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan cara mahasiswa mampu mempresentasikan topik-topik diskusi dan penugasan tersebut dan hasilnya dibahas bersama-sama.
Berikut metode-metode yang digunakan dalam mata kuliah Konsep Kebidanan selama 1 (satu) semester :
MINGGU KE-
METODE PEMBELAJARAN
1
Ceramah, Diskusi
2
Ceramah, Diskusi
3
Ceramah, Diskusi
4
Ceramah, Diskusi
5-6
Ceramah, Diskusi kasus, Presentasi
7-8
Ceramah, Diskusi kasus, Tugas kelompok, Presentasi, Role Playing
9
UTS
10-11
Ceramah, Diskusi kasus, Presentasi, Role playing
12-13
Ceramah, Diskusi kasus, Presentasi
14
Ceramah, Diskusi
15
Ceramah, Diskusi
16
UAS

    5.     Materi/Bacaan Perkuliahan
Buku Wajib
Ø  Elen Varney, Jan M. Kriebs, Carolyn L. Gegor. 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Ed 4 jilid 1. EGC
Ø  Niken Meilani, dkk. 2008. Kebidanan cetakan ke-2. Jakarta: Fitramaya.
Ø  Cristine Handerson, Kathleen Jones. 2006. Buku Ajar Konsep Kebidanan. Jakarta: EGC
Buku Anjuran
Ø  Varney H ( 1997 ) Varneys midwifery Jones and Bartlett Publishers, Sudbury, Massachusetts, USA
Ø  Sweet, Br ( 2000 ) Maye’s Midwifery a text book for midwives, Twelfth edition, bailere, tindall - London.
Ø  Konsep Kebidanan Depkes RI
Ø  Soepardan,suryani .(2007). Konsep Kebidanan. Jakarta:EGC
Ø  Rita Yulifah, Surachmindari. (2013). Konsep Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika


    6.     Tugas
a.       Setiap bacaan perkuliahan sebagaimana disebutkan pada jadwal program harus dibaca terlebih dahulu sebelum mengikuti kuliah pada hari yang sudah ditetapkan.
b.      Anda diwajibkan menyerahkan makalah penugasan (baik individu maupun
kelompok) sebanyak  minimal 10 halaman pada tanggal 9 September 2015 dan 16 September 2015. Makalah ini menjelaskan hasil diskusi dan role playing yang telah anda lakukan beserta berikan penguatan dengan menampilkan contoh-contoh tentang peran dan fungsi bidan di komunitas dengan subpokok bahasan peran dan fungsi bidan serta praktek profesional bidan. Satu kelompok terdiri dari dari 5 orang.
1)      Sistematika Penulisan makalah sebagai berikut:
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
B.   Rumusan Masalah
C.   Tujuan Penulisan
BAB II TINJAUAN TEORI
BAB III PEMBAHASAN
BAB IV KESIMPULAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA

2)      Ketentuan penulisan makalah :
a)      Makalah diketik  dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12
b)      Jarak antar baris 2 spasi
c)      Ukuran kertas A4  dengan batas (top 4, left 4, bottom 3, rigt 3)
d)     Referensi dari internet maksimal 3
e)      Dijilid warna biru muda.
3)      Waktu Penyelesaian tugas: 1 minggu
4)      Penilaian :
Hal –hal yang dinilai :
1.      Sistematika penulisan laporan                                                  5%
2.      Relevasi pembahasan dengan tema yang dipilih                    40%
3.      Kesimpulan                                                                            35%
4.      Identifikasi peran dan fungsi bidan                                       20%
Total 100%
c.       Evaluasi tengah semester berupa UTS akan diadakan pada tanggal 25 September 2015 dan evaluasi akhir semester berupa UAS  diadakan pada tanggal 2 Oktober 2015. Evaluasi akhir akan menggunakan bentuk soal objektif pilihan ganda sebanyak 30 soal dan soal uraian sebanyak 10 soal.
d.      Target praktikum lapangan berupa hasil rekaman video tentang peran dan fungsi bidan di komunitas.

    7.     Kriteria Penilaian
Penilaian akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
Nilai
Point
Range
A
4
≥ 80
B
3
70-79
C
2
60-69
D
1
50-59
E
0
≤ 49

Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:
² Teori
v Penugasan :    30 %
v UTS           :     20 %
v UAS          :     45 %
v Kehadiran :        5%


    8.     Jadwal Perkuliahan
Pertemuan
Topik Bahasan
Bacaan/Bab
Ke.1
Kuliah pertama:
a.       Penjelasan umum kontrak perkuliahan dan materi secara keseluruhan
b.      Perkenalkan setiap mahasiswa

Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
Lanj.1
Pengertian filosofi dan defenisi bidan
a.       Defenisi bidan
b.      Filosofi kebidanan

Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
Ke.2
Pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
a.       Pelayanan kebidanan
b.      Praktik kebidanan
c.       Asuhan kebidanan

Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
Ke 3
Sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan
a.       Perkembangan di luar negeri
b.      Perkembangan di dalam negeri

Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah

1.      Paradigma asuhan kebidanan, pengertian paradigma
a.       komponen paradigma kebidanan
-       Manusia
-       Lingkungan
-       Kesehatan
-       Kebidanan
b.      Macam – macam asuhan kebidanan
c.       Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan

Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
Ke.4
1.      Kebidanan sebagai profesi
-       Profesi bidan
-       Profesionalisme
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
Lanj.4
1.      Peran fungsi bidan
2.      Praktek professional bidan
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
Ke.5
1.      Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
2.      Dasar pemikiran, fokus dan tujuan dalam teori kebidanan
-     Reva Rubin
-     Ramona
-     Ela joy lehman
-     Ernestin
-     Jen ball
-     Model konseptual asuhan kebidanan 
-     Midwifery Care
-     Paradigma sehat

Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
Ke.6
1.      Konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
a.       Manajemen Kebidanan
-     konsep dan prisip manajemen pada umumnya
-     pengertian manajemen kebidanan
-     langkah- langkah manajemen kebidanan
b.      Lingkup Praktek kebidanan
-          Ruang lingkup  dan sasaran
-          Lahan praktik pelayanan kebidanan
c.       Pengorganisasian praktek   asuhan kebidanan
-          Pelayanan  mandiri
-          Kolaborasi
-          Rujukan


Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah

Tugas Makalah

Perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah



UTS

Paradigma asuhan kebidanan
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah

Penugasan Makalah

kebidanan sebagai profesi
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah

Peran fungsi bidan
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah

Dokumentasi hasil Role Playing
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah

UAS



    9.     Tata Tertib Perkuliahan
a.       Mahasiswa ditoleransi untuk datang terlambat maksimal 1 menit
b.      Total kehadiran minimal 75%
c.       Berseragam rapi sesuai jadwal
d.      Rambut di hairnet, jika berjilbab harus menggunakan jilbab seragam
e.       Sepatu hitam pantofel
10.     Konsekuensi
a.       Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan hari itu
b.      Total kehadiran <75% tidak diperbolehkan mengikuti UAS (diganti dengan penugasan)
c.       Jika mahasiswa tidak sesuai dengan tata tertib, tidak diperbolehkan mengikuti perkuliahan.

Semarang, 16 April 2015
Dosen Pengampu                                                    Komting



      (Novita Sari, S.ST.Keb)                                        (………........……..)  

No comments:

Post a Comment