KONTRAK
PERKULIAHAN
Nama Mata Kuliah : Konsep
Kebidanan
Kode Mata Kuliah : Bd.401
Pengajar : Novita Sari, S.ST.Keb
Semester : II
Hari
Pertemuan/Jam : Senin dan Kamis, 08.00
– 10.00 WIB
Tempat Pertemuan : Ruang 1.1
1. Manfaat Mata Kuliah
Dengan adanya
mata kuliah Konsep Kebidanan diharapkan mahasiswa menjadi lebih kompeten dan
lebih profesional dalam memberikan asuhan
praktik kebidanan di komunitas.
2. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep kebidanan dengan
pokok bahasan : Pengertian, filosofi, dan definisi bidan; perkembangan profesi,
pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional; paradigma
asuhan kebidanan; peran fungsi bidan; standar profesi bidan; teori dan model
konseptual asuhan kebidanan; managemen kebidanan; sistem penghargaan; prinsip
perkembangan karir bidan; usaha jasa pelayanan dan praktik kebidanan secara
mandiri maupun berkesinambungan; model asuhan kebidanan; konsep kebidanan
sebagai dasar dalam praktik kebidanan.
3. Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan ini, Anda
diharapkan mampu :
a. Mampu
menjelaskan filosofi dan definisi bidan
b. Mampu menjelaskan
pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
c. Mampu menjelaskan
perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan
internasional
d. Mampu
menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
e. Mampu
menjelaskan kebidanan sebagai profesi
f. Mampu
menjelaskan peran fungsi bidan
g. Mampu
menjelaskan
teori dan model konseptual asuhan kebidanan
h. Mampu menggunakan konsep kebidanan
sebagai dasar dalam praktik kebidanan
Bagan 1.Skema Materi
Perkuliahan Konsep Kebidanan
|
4. Strategi Perkuliahan
Perkuliahan ini
menggunakan beberapa macam metode untuk melaksanakan proses pembelajarannya,
seperti cemarah, diskusi, presentasi, dan
tugas kelompok. Dengan demikian setiap mahasiswa
diharapkan mampu berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan cara mahasiswa
mampu mempresentasikan topik-topik diskusi dan penugasan tersebut dan hasilnya
dibahas bersama-sama.
Berikut metode-metode
yang digunakan dalam mata kuliah Konsep
Kebidanan selama 1 (satu) semester :
MINGGU KE-
|
METODE PEMBELAJARAN
|
1
|
Ceramah,
Diskusi
|
2
|
Ceramah,
Diskusi
|
3
|
Ceramah,
Diskusi
|
4
|
Ceramah,
Diskusi
|
5-6
|
Ceramah,
Diskusi kasus, Presentasi
|
7-8
|
Ceramah,
Diskusi kasus, Tugas kelompok, Presentasi, Role Playing
|
9
|
UTS
|
10-11
|
Ceramah,
Diskusi kasus, Presentasi, Role playing
|
12-13
|
Ceramah,
Diskusi kasus, Presentasi
|
14
|
Ceramah,
Diskusi
|
15
|
Ceramah,
Diskusi
|
16
|
UAS
|
5. Materi/Bacaan Perkuliahan
Buku Wajib
Ø Elen Varney, Jan M. Kriebs,
Carolyn L. Gegor. 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Ed 4 jilid 1. EGC
Ø Niken Meilani, dkk. 2008.
Kebidanan cetakan ke-2. Jakarta: Fitramaya.
Ø Cristine Handerson, Kathleen
Jones. 2006. Buku Ajar Konsep Kebidanan. Jakarta: EGC
Buku Anjuran
Ø Varney H ( 1997 ) Varneys midwifery Jones and Bartlett Publishers, Sudbury,
Massachusetts, USA
Ø Sweet, Br ( 2000 ) Maye’s Midwifery a text book for midwives, Twelfth edition,
bailere, tindall - London.
Ø Konsep Kebidanan Depkes RI
Ø Soepardan,suryani .(2007). Konsep Kebidanan. Jakarta:EGC
Ø Rita Yulifah, Surachmindari. (2013). Konsep Kebidanan. Jakarta : Salemba
Medika
6. Tugas
a. Setiap
bacaan perkuliahan sebagaimana disebutkan pada jadwal program harus dibaca
terlebih dahulu sebelum mengikuti kuliah pada hari yang sudah ditetapkan.
b. Anda
diwajibkan menyerahkan makalah penugasan (baik individu maupun
kelompok)
sebanyak minimal 10 halaman pada tanggal
9 September 2015 dan 16 September
2015. Makalah ini menjelaskan hasil diskusi dan role playing yang telah anda lakukan
beserta berikan penguatan dengan menampilkan contoh-contoh
tentang peran dan fungsi bidan di komunitas dengan
subpokok bahasan peran
dan fungsi bidan serta praktek profesional bidan.
Satu kelompok terdiri dari dari 5
orang.
1) Sistematika
Penulisan makalah sebagai berikut:
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan Penulisan
BAB II TINJAUAN TEORI
BAB III PEMBAHASAN
BAB IV KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
2) Ketentuan
penulisan makalah :
a) Makalah
diketik dengan jenis huruf Times New
Roman ukuran 12
b) Jarak
antar baris 2 spasi
c) Ukuran
kertas A4 dengan batas (top 4, left 4,
bottom 3, rigt 3)
d) Referensi
dari internet maksimal 3
e) Dijilid
warna biru muda.
3) Waktu
Penyelesaian tugas: 1 minggu
4) Penilaian
:
Hal –hal yang dinilai :
1. Sistematika
penulisan laporan 5%
2. Relevasi
pembahasan dengan tema yang dipilih 40%
3. Kesimpulan 35%
4. Identifikasi
peran dan fungsi bidan
20%
c. Evaluasi
tengah semester berupa UTS akan diadakan pada tanggal 25 September
2015 dan evaluasi akhir
semester berupa UAS diadakan pada
tanggal 2 Oktober
2015. Evaluasi akhir akan
menggunakan bentuk soal objektif pilihan ganda sebanyak 30 soal dan soal uraian
sebanyak 10
soal.
d. Target
praktikum lapangan berupa hasil rekaman video tentang peran dan fungsi bidan di
komunitas.
7. Kriteria Penilaian
Penilaian
akan dilakukan oleh pengajar dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
Nilai
|
Point
|
Range
|
A
|
4
|
≥
80
|
B
|
3
|
70-79
|
C
|
2
|
60-69
|
D
|
1
|
50-59
|
E
|
0
|
≤
49
|
Dalam menentukan nilai akhir akan
digunakan pembobotan sebagai berikut:
² Teori
v Penugasan : 30 %
v UTS : 20 %
v UAS : 45 %
v Kehadiran : 5%
8. Jadwal Perkuliahan
Pertemuan
|
Topik Bahasan
|
Bacaan/Bab
|
Ke.1
|
Kuliah pertama:
a. Penjelasan
umum kontrak perkuliahan dan materi secara keseluruhan
b. Perkenalkan setiap mahasiswa
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
Lanj.1
|
Pengertian
filosofi dan defenisi bidan
a. Defenisi bidan
b. Filosofi kebidanan
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
Ke.2
|
Pelayanan, praktik, dan asuhan kebidanan
a.
Pelayanan
kebidanan
b.
Praktik
kebidanan
c.
Asuhan
kebidanan
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
Ke 3
|
Sejarah
perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan
a. Perkembangan di luar negeri
b. Perkembangan di dalam negeri
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
1. Paradigma asuhan kebidanan,
pengertian paradigma
a. komponen paradigma kebidanan
-
Manusia
-
Lingkungan
-
Kesehatan
-
Kebidanan
b. Macam – macam asuhan kebidanan
c. Manfaat paradigma dikaitkan dengan
asuhan kebidanan
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
|
Ke.4
|
1. Kebidanan sebagai profesi
-
Profesi
bidan
-
Profesionalisme
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
Lanj.4
|
1. Peran fungsi bidan
2. Praktek professional bidan
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
Ke.5
|
1. Teori dan model konseptual asuhan
kebidanan
2. Dasar pemikiran, fokus dan tujuan
dalam teori kebidanan
-
Reva Rubin
-
Ramona
-
Ela joy
lehman
-
Ernestin
-
Jen ball
-
Model
konseptual asuhan kebidanan
-
Midwifery
Care
-
Paradigma
sehat
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
Ke.6
|
1. Konsep kebidanan sebagai dasar
dalam praktik kebidanan
a. Manajemen Kebidanan
-
konsep dan
prisip manajemen pada umumnya
-
pengertian
manajemen kebidanan
-
langkah-
langkah manajemen kebidanan
b. Lingkup Praktek kebidanan
-
Ruang lingkup dan
sasaran
-
Lahan
praktik pelayanan kebidanan
c. Pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
-
Pelayanan mandiri
-
Kolaborasi
-
Rujukan
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
Tugas Makalah
|
||
Perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional
dan internasional
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
|
UTS
|
||
Paradigma
asuhan kebidanan
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
|
Penugasan Makalah
|
||
kebidanan
sebagai profesi
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
|
Peran fungsi bidan
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
|
Dokumentasi
hasil Role Playing
|
Varneys midwifery
Niken Meilani
Rita Yulifah
|
|
UAS
|
9. Tata Tertib Perkuliahan
a. Mahasiswa
ditoleransi untuk datang terlambat maksimal 1 menit
b. Total
kehadiran minimal 75%
c. Berseragam
rapi sesuai jadwal
d. Rambut
di hairnet, jika berjilbab harus menggunakan jilbab seragam
e. Sepatu
hitam pantofel
10.
Konsekuensi
a. Mahasiswa
yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak diperbolehkan mengikuti
perkuliahan hari itu
b. Total
kehadiran <75% tidak diperbolehkan mengikuti UAS (diganti dengan penugasan)
c. Jika
mahasiswa tidak sesuai dengan tata tertib, tidak diperbolehkan mengikuti
perkuliahan.
Semarang, 16 April 2015
Dosen
Pengampu Komting
(Novita Sari, S.ST.Keb)
(………........……..)
No comments:
Post a Comment